BATIK

Pengertian:
batik berasal dari kata amba, yang bermakna 'menulis' dan titik, yang bermakna 'titik'. Kata batik sendiri meruju pada teknik pembuatan corak Motif Batik - menggunakan canting atau cap - dan pencelupan kain dengan menggunakan bahan perintang warna Motif Batik pada Baju Batik "malam" (wax) yang diaplikasikan di atas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna. Dalam bahasa Inggris teknik ini dikenal dengan istilah wax-resist dyeing.

Cara membuat:
Semula batik dibuat di atas bahan dengan warna putih yang terbuat dari kapas yang dinamakan kain mori. Dewasa ini batik juga dibuat di atas bahan lain seperti suterapoliesterrayon dan bahan sintetis lainnya. Motif batik dibentuk dengan cairan lilin dengan menggunakan alat yang dinamakan canting untuk motif halus, atau kuas untuk motif berukuran besar, sehingga cairan lilin meresap ke dalam serat kain. Kain yang telah dilukis dengan lilin kemudian dicelup dengan warna yang diinginkan, biasanya dimulai dari warna-warna muda. Pencelupan kemudian dilakukan untuk motif lain dengan warna lebih tua atau gelap. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik dicelupkan ke dalam bahan kimia untuk melarutkan lilin.

macam - macam batik:
1. Batik Keraton 
Batik Keraton juga disebut sebagai batik pedalaman, hal ini dikarenakan letak dari keraton yang ada di pedalaman atau tengah-tengah pulau . Yang khas dari batik keraton ini adalah motifnya yang sering kaliberwarna dasar putih dengan corak warna-warna alami atau warna tanah seperti hitam, nila, kuning, coklat,
dan warna gelap.Selain warnanya, gambar pada motifnya biasanya juga mengandung berbagai makna filosofi kehidupan. Danyang unik dari batik keraton adalah dalam hal pemakaiannya. Ada beberapa motif yang hanya boleh dipakai oleh keluarga kerajaan, atau beberapa motif hanya boleh dipakai untuk upacara tradisional tertentu.

2. Batik Pesisir
> Daerah penghasil batik pesisir dengan macam macam motif batik cerah yang khas adalah daerah-daerah sekitar pantai utara jawa, seperti:
Batik Pekalongan. Batik Pekalongan memiliki ciri khas motif yang dipengaruhi budaya Belanda,Eropa, dan Cina. Contohnya motif batik Pekalongan buketan (bunga) yang terpengaruh dari buket bunga bangsa Eropa .

> Batik Cirebon. Motif batik Cirebon yang sangat khas adalah motif megamendung (bentuk awan). Motif ini terpengaruh budaya Cina, dan dahulunya banyak digunakan di keraton Cirebon. Batik Cirebon juga dikenal dengan batik Trusmi, karena itu merupakan daerah utama penghasil batik Cirebon di Cirebon.

>Batik Lasem. Batik Lasem sangat dipengaruhi oleh budaya Cina. Yang khas dari batik Lasemadalah motifnya yang menggunakan warna merah terang atau “abang getih pithik” (merah darah ayam).

>Batik Tuban. Yang sangat terkenal dari batik Tuban adalah batik Bedog. Batik Tuban sering kalimerupakan batik dari kain tenunan tangan.

>Batik Madura. Motif batik Madura biasanya berupa motif ujung tombak, tanaman, dan binatang. Dan batik Madura menampilkan warna-warna cerah seperti kuning, merah, dan hijau.



SELAMAT HARI BATIK NASIONAL 



0 komentar:

Posting Komentar