Ada beberapa tempat di dunia yang memiliki curah hujan yang tinggi. Curah hujan yang melebihi 10.000 mm per tahun membuat tempat ini menjadi tempat yang terbasah di planet. Meskipun memiliki curah hujan yang tinggi setiap tahunnya, tempat ini tidak mendatangkan bencana, melainkan menjadi surga bagi makhluk hidup. berikut adalah 6 Tempat dengan Curah Hujan Tertinggi di Dunia.

1 . Gunung Waialeale ( Hawaii )

Di daerah pegunungan di Hawaii, terutama di Gunung Waialeale, yang bertindak sebagai corong di dunia. Hujan disana bisa jatuh ke 11.500 milimeter per tahun, bahkan dapat lebih seiring oleh waktu. Gunung ini merupakan daerah gunung berapi sehingga terkena awan dan kelembaban yang berasal dari laut, yang secara harfiah bertindak sebagai awan penghalang lahan di sekitar. Dan lusinan air terjun terbentuk selama 365 hari.




2. Milford Track ( Selandia Baru )

Salah satu jalan-jalan paling indah di Selandia Baru ( Milford Track , dan tentu saja, adalah salah satu tempat terbasah ( 6.000 sampai 8.000 milimeter per tahun ). Di lereng gunung ratusan air terjun terjadi. Milford Track adalah salah satu tempat terbasah di planet ini, karena kelembaban dann hujan berkali-kali sehari, kadang-kadang terjadi terus menerus.





3. Gunung Mulu ( Malaysia )

5.000 mm per tahun di hutan hujan dari Gunung Mulu, di jantung pulau Kalimantan di Malaysia. Dalam pencarian untuk tempat dengan curah hujan tertinggi di dunia, Gunung Mulu merupakan tempat yang jauh untuk yang ditemukan. Dengan akses yang sangat terbatas, hutan hanya dapat diakses oleh pesawat atau kapal, petualangan yang membawa para peneliti ke tempat yang aneh seperti ini.





4 . Pulau Yakushima ( Jepang )

Yakushima adalah pulau Jepang dengan banjir abadi. Sebuah tempat di mana terdapat curah hujan antara 4.000 dan 10.000 mm air per tahun, tempat yang cocok untuk kerajaan lumut, jamur, dan pohon yang tumbuh yang memberikan tampilan hutan ajaib.







5. Chocó ( Kolombia )

Di Chocó, daerah timur laut Kolombia yang menghadap Pasifik, tercatat di tempat ini curah hujan hingga 13.000 mm per tahun dan merupakan salah satu kandidat untuk kontes sebagai tempat dengan hujan tertinggi di dunia. Tempat ini adalah kawasan hutan, dan iklim tropis, kombinasi yang memungkinkan kekayaan biologis terbaik di dunia.


6. Cherrapunjee ( India )

Cherrapunjee berada di India, dan selama bertahun-tahun dianggap sebagai salah satu tempat dengan curah hujan tertinggi di dunia. Curah hujan tahunan rata-rata mereka mencapai 11.430 mm, tetapi perbedaannya bahwa curah hujan terkonsentrasi di musim hujan. Kesimpulannya, hujan tergantung pada waktu lamanya hujan berlangsung. Tapi, Cherrapunjee tidak melebihi jumlah air hujan yang jatuh di Kolombia.


sumber : http://www.berwacana.com/

0 komentar:

Posting Komentar